TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI MTS SUNAN KALIJOGO KALIDAWIR TULUNGAGUNG

Authors

  • Sofi Halimah Mawadah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Mohamad Jazeri Jazeri UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2024.007.01.10

Keywords:

Directive Speech Acts, Teachers, Indonesian Language Learning.

Abstract

Abstract: The aims of this study were to describe 1) the form of teacher directive speech acts in learning Indonesian in class VIII at MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung, 2) the function of teacher directive speech acts in learning Indonesian in class VIII at MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung. This research is a descriptive qualitative research. The source of the data came from the Indonesian class VIII teacher at MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung. The data collection techniques used were in the form of participatory observation, documentation and free-of-conversation listening techniques. The data were obtained from learning Indonesian on the material structure and linguistic elements of drama texts in class VIII MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung. The results of the research on teacher directive speech acts in Indonesian Language Learning Class VIII at MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung found: (1) 6 forms of directive speech acts including requests, questions, prohibitions, giving permission, and advice, (2) the function of directive speech acts The functions found include the functions of asking, pressing, asking, interrogating, instructing, directing, wanting, prohibiting, allowing, agreeing, advising, suggesting, suppressing and advising, instructing and asking, instructing and prohibiting, and the last one suggesting and prohibiting.

 

Keywords: Directive Speech Acts, Teachers, Indonesian Language Learning.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) bentuk tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung, 2) fungsi tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data berasal dari guru Bahasa Indonesia kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi partisipatif, dokumentasi dan teknik simak bebas libat cakap. Data diperoleh dari pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi struktur dan unsur kebahasaan teks drama di kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung. Hasil penelitian tindak tutur direktif guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung ditemukan: (1) 6 bentuk tindak tutur direktif meliputi bentuk permintaan, pertanyaan, perintah larangan, pemberian izin, dan nasihat, (2) fungsi tindak tutur direktif yang ditemukan meliputi fungsi meminta, menekan, bertanya, mengintrogasi, mengintruksi, mengarahkan, menghendaki, melarang, membolehkan, menyetujui, menasihati, menyarankan, menekan dan menasihati, mengintruksi dan  bertanya, mengintruksi dan melarang, dan yang terakhir menyarankan dan melarang.

 

Kata Kunci: Tindak Tutur Direktif, Guru, Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Author Biographies

Sofi Halimah Mawadah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

i'm Student at UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, i condac research project a title derectif speech act with my leacture or supervisor

Mohamad Jazeri Jazeri, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

I am a supervisor of may student Sofi Halimah Mahmudah.

References

DAFTAR RUJUKAN

Chaer, Abdul. 2004. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul dan Agustina, Leonie,. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka cipta.

Fitra Hasnita, Dia. 2020. Bentuk dan Fungsi Tindak Tutur Direktif Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMPN 09 Lebong Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi (Online). IAIN Bengkulu. diakses pada tanggal 13 April 2022.

Kamaruddin., Aripudin, dan Teja Pratama. 2017. Tindak Tutur Direktif Guru Bahasa Indonesia terhadap Siswa Kelas VII A SMP Negeri 6 Sungai Penuh dalam Proses Pembelajaran Tahun Ajaran 2016/2017. Artikel (Online). Universitas Jambi. diakses pada tanggal 19 Agustus 2022.

Khairi Yahya, Iwan. 2013. Tindak Tutur Direktif Dalam Interaksi Belajar Mengajar Mata Pelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia di SMA Negeri 1 Mlati Sleman Yogyakarta. Skripsi (Online). Universitas Negeri Yogyakarta. diakses pada tanggal 13 April 2022.

Holmes, Janet. 1992. An Introduction to Sociolinguisticts. London: Longman.

Ibrahim, Abd Syukr. 1993. Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional.

Lubis, A. Hamid Hasan. 1991. Analisis Wacana Pragmatik. Medan: Angkasa.

Leech, Geoffrey. 1982. The Principles of Pragmatics. Terjemahan. Oka, M.D.D. dan Setyadi Setyapranata (Penerjemah). 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

_____________. 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Levinson, Stephen C. 1983. Pragmatics. London: Cambridge University Press.

Marizal, Y., Sayhrul R., dan Tressyalina. 2021. Tindak Tutur Direktif Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Gunung Talang. Diglosa: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya.

Nadar, F. X. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Oktavianus. 2006. Anaisis Wacana Lintas Bahasa. Padang: Andalas University Press.

Prayitno, Harun Joko. 2009. Tindak Tutur Pejabat dalam Peristiwa Rapat Dinas: Kajian Sosiopragmatik Berspektif Gender di Lingkungan Pemerintah Kota Surakarta. Disertasi. Surakarta: PPs UNS.

Prayitno, Harun Joko. 2017. Studi Sosiolinguistik. Surakarta: Muhammaddiyah Universitas Press.

Rustono. 1999. Pokok-Pokok Pragmatik. Semarang: CV. IKIP Semarang Pres.

Sari, Nirmala. 2020. Analisis Tindak Tutur Direktif Guru dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Berdasarkan Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar. Skripsi (Online). UIN SATU Tulungagung. diakses pada tanggal 13 April 2022.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yule, Geoge. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

__________. 2016. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2024-01-31

Issue

Section

Articles